Cowok Harus Selalu Kuat

Cowok Lebih Sering Selingkuh
February 20, 2019
Jadilah Menarik, bukan (sekadar) Cantik
February 20, 2019
Aku jadi sedih (gak sedih juga sih. Lebay nyet) setiap mendengar kalimat itu, atau ketika seseorang memberikan kalimat itu kepada cowok-cowok yang lagi fucked up, atau ketika cowok yang selalu menggemborkan kalimat itu.
 
Mengapa?
 
Karena kalimat itu membuat kesan bahwa cowok itu makhluk yang lebih kuat dan hebat atau DITUNTUT untuk selalu kuat tanpa pernah boleh terlihat lemah. Padahal, cowok juga adalah manusia yang bisa merasakan sakit hati, bisa menangis, bisa perih-perih tergores, bisa stres dan depresi. Bahkan jumlah cowok yang melakukan bunuh diri LEBIH banyak dibandingkan cewek!
 
Mengapa jumlah cowok yang bunuh diri bisa lebih banyak dibandingkan cewek dan seringnya tidak terdeteksi, tiba-tiba melakukan tindakan bunuh diri?
1. Sejak kecil, cowok tidak terbiasa untuk mengeluarkan ekspresi dan emosinya.
Sejak kecil cowok dilatih (dibiasakan) untuk MENAHAN NANGIS. Misal ketika anak cowok lari-lari lalu terjatuh dan mulai mimbik-mimbik (gak tau apa bahasa Indonesianya), yang SERINGNYA dilakukan oleh orang tuanya adalah. “Ayo bangun! Cowok gak boleh nangis! Cowok harus kuat!”. Akhirnya, cowok TERBIASA untuk menahan apa yang dia rasakan di dalam tanpa dikeluarkan karena dia tidak tahu caranya untuk mengungkapkan apa yang dia rasakan. Hal ini bisa menyebabkan otak menderita dan ketika ditahan dipendam terus tanpa dikeluarkan, akan meledak. Entah apa yang terjadi ketika meledak (bunuh diri adalah peledakan yang paling brutal)
2. Cowok selalu dituntut untuk menjadi kuat.
Ketika cowok merasa fucked up, dunia akan memberikan label kepadanya sebagai COWOK LEMAH, COWOK CUPU, COWOK BETA. Akhirnya, cowok akan sering tetap BERUSAHA KUAT padahal di dalam sudah hancur lebur berantakan.
3. Cowok tidak memiliki tempat untuk bersandar yang BAIK.
Ingat, kata BAIK aku BOLD ya biar kamu lebih mudeng maksudnya. Begini, cowok mungkin punya banyak teman atau beberapa sahabat yang mungkin bisa dijadikan tempat cerita (tapi banyak juga yang gak bisa dijadikan untuk tempat cerita), tapi seberapa banyak dari sahabat itu yang beneran bisa MENDENGARKAN tanpa menghakimi atau malah memberikan solusi bangsat “COWOK ITU HARUS KUAT!”? Seberapa banyak?
Itu adalah beberapa alasan (3 doang sih) mengapa lebih banyak cowok yang melakukan bunuh diri dibandingkan cewek.
 
Jadi bro, ayo lah.
 
Kamu tidak harus selalu kuat kok. Ketika kamu merasa lemah, sedih, kacau, stres, depresi, atau apapun itu, silakan luapkan dan lepaskan. Jangan ditahan terus, jangan terlalu kerasa terhadap dirimu sendiri. Carilah orang yang tepat untuk melepaskannya kalau kamu memang tidak bisa melakukannya sendiri.
 
Tapi bukan berarti kamu jadi cowok yang SELALU LEMAH dan GAMPANG TERLUKA juga ya? Kena debu dikit, nangis berhari-hari. 
 
Tai juga kalau begitu mah -,,-